Mengenal Lebih Jauh Tentang HRD

hrdg-group

HRD memiliki kepanjangan Human Resource Development, yang artinya adalah pengembangan sumber daya manusia. Adanya HRD dalam sebuah organisasi tentu memiliki peranan penting yaitu mengatur bagaimana anggota atau sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dapat bekerja, berjalan dan memiliki tujuan bersama secara efektif. Dalam sebuah organisasi HRD secara lebih rinci memiliki beberapa tugas seperti membentuk sistem organisasi, mengatur sumber daya manusia dalam organisasi, membuat program pengembangan, membuat peraturan yang mengatur mulai dari ketertiban anggota hingga kesejahteraan anggota, dan sebagainya. Pada intinya seksi sibuk dalam organisasi adalah HRD.

Ilmu di dalam bidang HRD sangat luas, meskipun banyak praktisi maupun karyawan yang bekerja di bidang HRD, terkadang masih muncul beberapa perbedaan. Hal ini dikarenakan banyak faktor X yang mempengaruhi perbedaan ilmu HRD dari satu organisasi ke organisasi yang lain, seperti salah satunya budaya. Bias budaya sangat rentan terjadi dalam sebuah organisasi, sehingga cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat sistem HRD yang terstandarisasi.

Ilmu dan profesi dalam bidang HRD cukup menarik, dan cukup banyak para jobseeker yang menginginkan dapat bekerja di bidang ini. Tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda terjun dalam dunia HRD.

  1. Kemampuan dalam berkomunikasi
  2. Keteraturan terhadap tugas administrasi
  3. Kemampuan dalam menganalisa dan menggunakan logika berpikir dengan baik
  4. Prosedural, namun juga fleksibel
  5. Memiliki ketahanan kerja yang memadai
  6. Mampu meyakinkan pihak lain terkait dengan kebijakan-kebijakan organisasi
  7. Memiliki pemahaman pada peraturan-peraturan terkait dengan organisasi

7 hal tersebut adalah sebagian besar hal yang harus Anda kuasai jika ingin terjun langsung dalam dunia HRD. Bidang yang cukup dinamis, dikarenakan Anda akan menghadapi berbagai macam model sumber daya manusia. Namun disisi lain Anda harus memegang teguh aturan dan prosedural yang ada, namun juga dituntut untuk tetap fleksibel dalam menghadapi personal. HRD memiliki target kerja utama yaitu mengelola sumber daya manusia organisasi dengan baik agar dapat memberikan kontribusi yang efektif, misalnya:

  1. Mencapai visi dan misi organisasi
  2. Memanfaatkan keterampilan anggota secara efisien
  3. Memotivasi anggota
  4. Mengembangkan anggota dengan pelatihan-pelatihan
  5. Mengkomunikasikan kebijakan terkait dengan kelajuan organisasi dan anggota
  6. Mengelola perubahan untuk kepentingan bersama

Demikianlah secara umum pembahasan terkait dengan bidang HRD, yang dapat memberi Anda sedikit gambaran untuk belajar lebih jauh terkait dengan dunia HRD. Hal lebih detail dan rinci terkait dengan dunia HRD akan dibahas pada postingan-postingan berikutnya. Selamat belajar, selamat membaca, dan selamat mengikuti.

Incoming search terms:

profesi hrd