Pentingnya Program Pengembangan Karyawan Untuk Kemajuan Perusahaan

Perusahaan yang bertujuan untuk maju seharusnya tidak mengabaikan program pengembangan karyawan (employee development program). Tidak diragukan lagi, karyawan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pencapaian suatu tujuan perusahaan. Merekalah yang melaksanakan berbagai rencana dan strategi yang dibuat pengambil keputusan. Oleh karenanya, kualitas karyawan sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu program atau penyelesaian suatu pekerjaan. Semakin bagus kualitas karyawan, semakin tinggi tingkat keberhasilan.

Sayangnya, di banyak perusahaan, program pengembangan karyawan menjadi nomor kesekian dalam skala prioritas mereka. Training, mentoring, dancoaching tidak dikategorikan sebagai sesuatu yang penting. Bahkan, di beberapa perusahaan, program seperti ini tidak pernah dipikirkan. Padahal, jika dijalankan dengan benar dan tepat, program ini mempunyai peranan yang sangat besar untuk kemajuan perusahaan. Berikut ini adalah alasan mengapa setiap perusahaan hendaknya mengalokasikan waktu, tenaga dan biaya untuk program pengembangan karyawan:

 1.Meningkatkan performa karyawan

Melalui pelatihan dan pembinaan, karyawan mempunyai kesempatan meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka. Kekurangan mereka diperlemah dan kelebihan mereka diperkuat. Karyawan juga akan mendapat informasi-informasi baru dan belajar ketrampilan-ketrampilan baru yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Sehingga, mereka akan menjadi lebih percaya diri untukmenghadapi tantangan baru dalam bidang kerja mereka.

2. Meningkatkan produktivitas

Karyawan yang mendapat pelatihan dan pembinaan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Mereka akan mampu bekerja dengan kecepatan tinggi karena mereka tahu apa yang harus dilakukan. Bahkan, ketika muncul tantangan baru dalam pekerjaan, mereka sudah tahu bagaimana harus menyikapinya.

3. Memberi kepuasan kepada karyawan

Pelatihan dan pembinaan yang bertujuan menambah pengetahuan dan ketrampilan disadari karyawan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mereka. Ini berarti bahwa perusahaan tidak hanya mengambil (take) tapi juga memberi (give). Dengan kata lain, perusahaan memperhatikan mereka. Perasaan diperhatikan inilah yang membuat karyawan merasa puas bekerja. Akibatnya, mereka akan menjadi karyawan yang loyal.

4. Meningkatkan kualitas produk dan layanan

Pengetahuan dan ketrampilan yang didapatkan dari pelatihan dan pembinaan meningkatkan kemampuan karyawan dalam membuat produk atau memberikan pelayanan. Hal ini tentu akan mempunyai efek yang positif untuk perusahaan. Produk dan layanan berkualitas baik selalu dicari konsumen. Jika perusahaan Anda mampu memberikannya, bisa dipastikan bahwa produk atau layanan dari perusahaan Anda akan menjadi pilihan konsumen.

5. Mengurangi beban perusahaan

Program pengembangan karyawan memang membutuhkan dana. Namun, dalam jangka panjang, program ini justru dapat membantu mengurangi beban perusahaan. Ketika semua karyawan dapat bekerja dengan baik, cepat dan tanpa supervisi, tidak akan ada biaya tambahan yang akan dikeluarkan karena order telat diselesaikan atau produk berkualitas rendah. Bahkan, kemungkinan yang terbesar adalah menurunnya biaya yang harus dikeluarkan karena order atau pelayanan dapat diselesaikan lebih cepat.

Incoming search terms:

ide untuk kemajuan perusahaan dalam bidang kualitas,kemajuan perusahaan adalah,kemajuan untuk,mengapa program pengembangan karyawan harus ada biaya yang besar,penting pengembangan karyawan,pentingnya pengembangan karyawan,program untuk kemajuan perusahaan