Kapan Harus Dilakukan Team Building

teambuilding_cartoon

Pada dasarnya, team building bukan merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh perusahaan. Perlu ditinjau kembali sebelum mengadakan kegiatan team building. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai kapan harus dilakukan team building? Sebelum saya menjawab, tentu saja saya akan mengajukan beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab, mulai dari bagaimana suasana tempat kerja, seberapa banyak munculnya pelanggaran yang telah dilakukan oleh karyawan, target-target kerja apa saja yang akan dicapai, hingga hal apa saja yang sedang direncanakan oleh perusahaan untuk langkah kedepannya. Cukup kompleks bukan?

Mengadakan kegiatan team building harus dengan perencanaan yang matang, karena nantinya akan terkait dengan pembentukan karakter yang memberikan dampak psikologis kepada karyawan para peserta team building. Dalam kegiatan team building akan dilakukan perencanaan kegiatan terkait dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Dalam kegiatan team building terdapat beraneka macam kegiatan dan penugasan terkait dengan kebutuhan yang telah diajukan.

Kapan harus dilakukan team building? Tentu saja jika mulai muncul permasalahan antara karyawan dengan rekannya maupun dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan dilakukannya kegiatan team building tentu saja akan memiliki efek mulai dari penyegaran kembali suasana kerja, saling mengenal karyawan yang satu dengan yang lainnya, serta ilmu atau bekal untuk kembali menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Dalam sebuah jurnal penelitian, membuktikan bahwa team building mampu dilakukan secara efektif dapat memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap peningkatan performa kerja tim

Bentuk acara team building beraneka macam, ada yang menerapkan untuk dilakukan pada kegiatan di luar jam kerja, permainan-permainan di setiap pos pemberhentian yang nantinya bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar tim dan rekan kerja dalam satu perusahaan. Bahkan tidak jarang kegiatan team building dilakukan di alam guna mengungkap bagaimana karakter tiap peserta tersebut dan pada saat peserta dihadapkan nanti dengan kesulitan-kesulitan seperti pada saat mereka di dalam kantor, misalnya dalam fungsi pengambilan keputusan, koordinasi, memberikan instruksi, dan masih banyak keterampilan lain yang memang dibutuhkan dalam dunia kerja.